Minggu, 31 Oktober 2010

pengantar bisnis (usaha rumah makan)

NAMA : MIRANTI PERMATASARI
KELAS : 1EB21
NPM : 24210416




BAB I

PENDAHULUAN


1.Latar Belakang

Di zaman sekarang ini sulitnya mencari pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran, Hal inilah yang menyebabkan seseorang membuat usaha bisnis. Usaha bisnis yang paling di butuhkan oleh masyarakat adalah dalam hal makanan karena makanan merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia.
Menurut dari hasil pengamatan, banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan tempat seperti di pedesaan.Selain restoran biasanya ada juga yang di lengkapi dengan fasilitas pemancingan,outbond,permainan anak dan banyak lagi.
Pemasaran merupakan hal yang sangat mendasar dan penting untuk dipahami oleh setiap orang yang membuka usaha,karena berhasil tidaknya suatu usaha sangat tergantung pada bagaimana cara pengusaha tersebut memasarkan produknya sehingga dapat diterima oleh pelanggan.
Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal yang harus di utamakan adalah kepuasan pelanggan.Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang baik, sehingga jaminan produk menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan yang ada pada saat ini
.
2.Perumusan Masalah

Berdasarkan dari latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka dapat diketahui masalah apa saja yang ada di dalam materi ini yaitu  sebagai berikut:
A. Apa latar belakang anda membuat usaha bisnis ini ?
B. Bagamana cara anda agar usaha bisnis ini dapat berkembang?



BAB II
LANDASAN TEORI


Kepuasan pelanggan adalah sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli. Bila kinerja produk lebih rendah daripada harapan pelanggan, pembelinya tidak puas dan lama-kelamaan pelanggan akan kabur dan usaha rumah makan kita akan sepi peminat. Bila prestasi sesuai atau melebihi harapan, pembelinya merasa amat puas atau gembira dan akan jauh lebih menguntungkan untuk pengusaha rumah makan tersebut. Jasa atau pelayanan merupakan suatu kenerja penampilan, tidak berwujud dan cepat hilang,pelanggan lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut. Dalam strategi pemasaran,definisi jasa harus diamati dengan baik, karena pengertiannya sangat berbeda dengan produk berupa barang. Kondisi dan cepat lambatnya pertumbuhan jasa akan sangat bergantung pada penilaian pelanggan terhadap kinerja atau penampilan yang ditawarkan oleh pemilik usaha rumah makan.












BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


Metode yang dilalui dalam penyusunan penulisan ini antara lain dengan mencari sumber dari internet,koran,majalah,atau bertanya langsung kepada seseorang yang membuka usaha bisnis rumah makan.Masih banyak lagi metode yang dapat digunakan dalam mencari suatu informasi seperti terjun langsung ke lapangan atau yang lainnya.





BAB IV

PEMBAHASAN


Bisnis rumah makan memang gak pernah mati,bisnis ini memang semakin tumbuh subur seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan gaya hidup yang ingin serba cepat tersaji.Dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan.
Persiapan pertama untuk memulai bisnis apa saja, termasuk rumah makan adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan ketakutan dan keraguan akan kegagalan,untuk membuka  usaha rumah makan minimal kita harus mengerti masakan.Namun,untuk menjadi pengusaha restoran tidak harus menjadi ahli memasak dulu,tetapi yang paling penting adalah mampu mengelola usaha itu.
Persiapan dalam memulai bisnis rumah makan adalah tersedianya prasarana dan sarana. Dalam usaha rumah makan/restoran,yang termasuk prasarana adalah tempat yang strategis, tenaga ahli, modal usaha, dan izin usaha, sedangkan meja kursi, peralatan makan, peralatan masak, dan sebagainya adalah sarana.
Bisnis makanan termasuk bisnis yang beresiko besar.Karena bisnis makanan beda dengan bisnis-bisnis lain.Dalam bisnis makanan memang kita tidak dituntut untuk bisa membuat makanan yang akan dijual.Karena banyak yang sukses berbisnis makanan dari mengambil makanan ditempat lain, lalu menjualnya lagi. Untuk bisnis makanan, jika bingung memilih makanan apa yang akan dijual,kita bisa memulainya dari makanan kesukaan.Usaha rumah makan juga sangat sensitif terhadap rasa,sebaiknya kita menjual makan-makanan yang terbaik dan bermutu tinggi,agar pelanggan puas dan kita pun senang.Sebaiknya kita juga mengurus izin usahanya.Bisa izin usaha dari RT/RW atau keamanan setempat. 

Kelebihan Usaha Rumah Makan

Ada banyak kelebihan yang dimiliki dari usaha membuka rumah makan.Salah satu kelebihan dari usaha rumah makan adalah kebutuhan modal yang tidak terlalu besar. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan masak, meja dan kursi tempat pengunjung makan.
Bahan baku yang dibutuhkan dalam usaha rumah makan juga tidak terlalu mahal.Semua dapat Anda peroleh dengan mudah di pasar tradisional.
Selain modal yang kecil, usaha rumah makan memiliki waktu yang fleksibel.Memang semua tergantung menu yang ditawarkan di  rumah makan yang anda miliki.
Anda bisa fokus kepada pengunjung untuk makan pagi, makan siang atau makan malam saja. Tapi jika Anda memang ingin meraup penghasilan lebih, Anda bisa membuka usaha rumah makan ini dari pagi sampai malam,keuntungan yang dapat diraih dari usaha rumah makan juga sangat besar.Rata-rata keuntungan yang dapat diraih oleh rumah makan berkisar antara 30-50% dari omset penjualan. Hal ini dapat terwujud karena usaha rumah makan merupakan usaha jasa pengolahan makanan dan penyajiannya. Otomatis keuntungan yang diraih bisa sangat besar.

Tips membuka usaha rumah makan:

1. Modal awal
Modal awal membuka usaha rumah makan dapat dari modal sendiri,meminjam di koperasi,mencari rekanan yang bisa diajak kerjasama atau Bank.

 2.Menentukan lokasi usaha
 Pilihlah lokasi yang strategis seperti diperkantoran,sekolah,kampus,pasar,mal,perumahan atau tempat wisata.

3.Sediakan menu andalan
Sebelum memulai usaha,sebaiknya survey dulu tentang menu yang beredar di pasar,lalu pilihlah menu yang belum banyak dijual ditempat kita akan membuka usaha rumah makan.

4.Pemilihan Karyawan
Dalam memilih karyawan harus benar-benar seseorang yang ahli dalam hal memasak karena kalau yang tidak ahli nanti makanan kita akan kurang enak sehingga hal ini dapat menyebabkan bisnis kita rugi karena banyaknya pengunjung yang tidak suka dan akhirnya bisnis kita ini dapat manjadi gulung tikar.

5.Promosi
Promosi dari mulut ke mulut masih menjadi pilihan utama dalam usaha makanan. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan merekomendasikan.Selain itu promosi dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur ke masyarakat disekitar tempat jualan kita.Bila perlu dengan adanya promosi harga yang lebih murah dari harga normalnya untuk menarik perhatian masyarakat

6.Mengenai pemilihan nama
Sebaiknya bukan hanya mudah dikenal, tetapi juga akrab dan sesuai. Nama juga jangan terlalu panjang dan harus mudah diingat. Harap diperhatikan juga untuk tidak menganggap remeh persamaan nama dengan rumah makan lain. Sebab bisa menimbulkan persengketaan. Perhatikannlah merek-merek yang sudah ada, lalu bikin yang berbeda.





  BAB V
KESIMPULAN

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan maka dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut :
Dengan adanya penelitian seperti ini kita dapat mengerti alasan seseorang mendirikan usaha bisnis rumah makan ini dari awal sebelum membuka usaha rumah makan.Dalam usaha bisnis rumah makan ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan oleh masyarakat karena untuk membuat usaha rumah makan ini biayanya relative standar untuk masyarakat dan dari kalangan kelas apapun dapat membuatnya selama masih ada usaha niat dan tekad untuk membuka usaha tersebut.Banyak cara yang dapat membuat usaha bisnis ini berkembang, yaitu dari segi tempat, mutu, harga, serta kualitas dari produk yang kita pakai,juga pelayanan dari para karyawan yang kita pekerjakan ditempat kita membuka usaha rumah makan.Kesuksesan dalam usaha rumah makan kembali pada diri Anda sendiri.Dengan penanganan yang tepat dan ciri khas tersendiri,Anda akan meraih kesuksesan di dalam usaha ini.






DAFTAR PUSTAKA

Linda,Eunike.2000.Bogor

Priyono, Sigit.2009.Jakarta

Setiawan, Den.2009.Jakarta

Tha, Wiet.2009.Jakarta


Sabtu, 09 Oktober 2010

pengantar bisnis (softskill)

PENGANTAR BISNIS














Nama         :     Miranti.Permatasari
Kelas         :     1EB21
NPM          :     24210416
Dosen        :     Edy Nursanta
Mata Kuliah :     Pengantar Bisnis ( Softskill )





KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, karena hanya dengan rahmat dan karunia-Nya, maka saya dapat menyelesaikan tugas artikel pengantar bisnis ini.Penulisan artikel ini saya buat untuk memenuhi syarat penilaian tugas mata kuliah pengantar bisnis(soft skill),artikel ini dibuat berdasarkan sumber yang ada.
Akhir kata saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pembuatan artikel ini dan saya ucapkan banyak terima kasih


















                                                 i     






DAFTAR ISI

·                    Kata Pengantar                                        ....................................................  i
·                    Daftar Isi                                                  .................................................... ii
·                    Pendahuluan                                            ....................................................iii
·                    Bisnis rumah makan                               ....................................................1-3
·                    Bisnis distro                                             ....................................................4-7
·                    Bisnis warnet                                           ...................................................8-10












        ii


PENDAHULUAN


Artikel pengantar bisnis ini disusun berdasarkan dengan sumber yang ada dan dapat dipercaya.Pendekatan yang digunakan dalam penyajian artikel ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas dan mendapat nilai tugas soft skill.
Dalam artikel ini terdapat beberapa jenis bisnis yang semoga saja dapat memberikan inspirasi bagi setiap pembacanya untuk mrmulai suatu bisnis yang dimulai dari awal dan semoga sukses di kemudian hari.
Akhir kata,saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,dan juga mohon maaf apabila dalam pembuatan artikel ini ada kesalahan baik yang disengaja atau pun tidak.





Bekasi,10 Oktober 2010
                                                                                              Penulis

                                                                                               Miranti.Permatasari

iii


Bisnis rumah makan
Sumber : tim bisnis UKM
Bisnis rumah makan memang tidak pernah mati. bagaimana bisa seperti itu? iya, bisnis ini memang semakin tumbuh subur seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan gaya hidup yang ingin serba cepat tersaji. Sadar atau tidak, dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan.
Persiapan pertama untuk memulai bisnis apa saja, termasuk rumah makan adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan ketakutan dan keraguan akan kegagalan. Setelah langkah pertama ini, kini menyangkut masalah operasional dari rencana usaha Anda. Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu disiapkan rapi.
Mulai dari menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu, untuk usaha rumah makan minimal harus mengerti masakan. Pintar memasak, lebih baik lagi ahli memasak. Namun, untuk menjadi pengusaha restoran tidak harus menjadi ahli memasak dulu, tetapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, tenaga ahli yang bisa memasak bisa direkrut.
Persiapan dalam memulai bisnis restoran/tempat makan lainnya, adalah tersedianya prasarana dan sarana. Pengertian tersedianya bukan berarti harus menjadi miliknya, tetapi bisa diperoleh dari meminjam atau menyewa terlebih dahulu, kecuali memang tersedia dana yang cukup yang sengaja diinvestasikan ke usaha Anda untuk jangka panjang.
Prasarana adalah hal-hal kemudahan bersifat fisik maupun non fisik yang mendukung pengoperasian sarana-sarana atau alat-alat. Sedangkan sarana adalah alat-alat untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu.
Dalam usaha rumah makan/restoran, maka yang termasuk prasarana adalah tempat yang strategis, tenaga ahli (juru masak), modal usaha, dan izin usaha, sedangkan meja kursi, peralatan makan, peralatan masak, dan sebagainya adalah sarana.

1


Bisnis makanan termasuk bisnis yang beresiko besar. Karena bisnis makanan beda dengan bisnis-bisnis lain. Kecuali yang kita jual adalah makanan kering, yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Namun jika anda yakin pangsa pasarnya yang bagus, maka bisnis makanan akan memberi keuntungan yang berlipat ganda.
Dalam bisnis makanan memang kita tidak dituntut untuk bisa membuat makanan yang akan dijual tersebut. Karena banyak yang sukses berbisnis makanan dari mengambil makanan ditempat lain, lalu menjualnya lagi. Lalu bagi anda yang pintar memasak, tetapi tidak bisa menjual, anda juga bisa menitipkannya di kantin, atau di tempat-tempat yang ramai pengunjung.
Bisnis makanan bukan milik kaum wanita saja, banyak pria yang menjadi koki kelas dunia. Dan kebanyakan penjual makanan yang sukses adalah pria. Rasa masakannya pun tidak kalah dari masakan wanita.
Untuk bisnis makanan, jika anda bingung memilih makanan apa yang akan dijual, anda bisa memulainya dari makanan kesukaan anda. Jika anda lebih berani, anda bisa memulainya dari makanan yang banyak dijual disekitar tempat anda ingin berjualan, dan tentunya yang banyak dibutuhkan ditempat tersebut. Silahkan cicipi nikmatnya berbisnis makanan.
Usaha rumah makan juga sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting sekali ada tukang masakan yang betul-betul ahli dibidangnya. Jual-lah masakan yang terbaik dan bermutu tinggi. Jangan coba-coba membuka rumah makan jika tidak ada juru masak yang hebat masakannya.

1.Latar belakang

Usaha ini dipilih karena biasanya pemlik rumah makan sangat menyenangi masak-memasak. Pemilik pun mempunyai pengalaman dalam hal marketing (pemasaran). Pemilik rumah makan biasanya melihat pangsa pasar yang baik karena di sekitar kedainya banyak sekali kantor-kantor, sehingga memudahkan daya jual..

2.Tujuan
Salah satu tujuan utama dari usaha ini adalah untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya dengan biaya yang seminimal mungkin. Sehingga dengan adanya laba tersebut dapat membiayai keluarga dan juga dapat membantu bila ada keluarga atau sanak saudara yang membutuhkan pertolongan kita.


2

3.Peluang usaha

Peluang usaha dalam jenis usaha ini bisa dibilang sedang, karena banyak sekali persaingan usaha makanan yang ada. Namun tetap menjanjikan karena target pelanggannya tidak hanya warga sekitar melainkan karyawan-karyawan kantor yang memang letak kantor-kantor sangat masih bisa dijangkau oleh para pembeli.

4.Strategi persaingan

Untuk menghadapi persaingan yang begitu ketat di pasaran, pemilik selalu mengupayakan kepercayaan pelanggan, dengan menjaga cita rasa khas masakan dan berusaha untuk tidak mengecewakan para pelanggan.

 Beberapa tips memulai usaha rumah makan yang bisa Anda jalankan:
1)      Bukalah usaha ditempat yang ramai, dipinggir jalan raya, cukup banyak kendaraan yang lewat. Tempatnya tidak perlu terlalu besar dulu, sesuaikan dengan modal anda. Mengenai design dan interior rumah makannya tentunya harus bisa menonjolkan ciri khas dari rumah makan. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya, namun sebaiknya Anda juga mempunyai ide sendiri sebelum berkonsultasi dengan ahlinya.

2)      Usaha rumah makan juga sangat sensitif terhadap rasa karena itu penting sekali ada tukang masakan yang betul-betul ahli dibidangnya. Juallah masakan yang terbaik dan bermutu tinggi. Jangan coba-coba membuka rumah makan jika tidak ada juru masak yang hebat masakannya. Sebaiknya Anda lakukan beberapa kali percobaan tentang enak tidaknya masakan yang akan dijual dengan melibatkan beberapa orang sebagai konsumen. Setelah mereka semua menyatakan enak, Anda baru boleh membukanya.

3)      Sebaiknya anda mengurus izin usaha. Bisa izin usaha dari RT/RW atau keamanan setempat. Namun secara prinsip, yang saya maksudkan adalah berbadan hukum yaitu dengan akte notaris. Hal ini sangat diperlukan bila usaha Anda di pinggir jalan raya dan melibatkan beberapa pekerja. Tidak perlu mendirikan PT atau CV, misalnya cukup dalam status UD (Usaha Dagang) milik perseorangan, yaitu Anda yang disahkan oleh notaris. Kemudian perizinan lain seperti NPWP. Namun jangan sampai izin usaha ini justru menghalangi niat Anda mendirikan usaha.
3
                                                


                                                 Bisnis distro   
Sumber  : Tim Bisnis UKM
Menggunakan barang-barang brended, mengunjungi distro, factory outlet dan tempat-tempat yang menyediakan berbagai barang branded, merupakan lifestyle beberapa anak muda di kota besar. Ini yang membuat banyak owner sukses dengan menekuni bisnis fashion,sekaligus bukti bahwa eksistensi clothing dan distro masih bertahan hingga sekarang. Dan mulai banyak lagi yang menginvestasikan modalnya ke bisnis ini.
Clothing adalah istilah untuk menyebut perusahaan pembuat T-shirt. Istilah lengkapnya adalah Clothing Company atau perusahaan yang memproduksi pakaian jadi di bawah merek sendiri, clothing merupakan kategori untuk merek yang mengeluarkan produk pakaian jadi. Pakaian jadi ini sebagian besar adalah t-shirt yang kemudian berkembang ke berbagai perlengkapan yang menunjang gaya hidup. Hal yang membedakan distro dari toko-toko biasa adalah distro memajang produk sendiri baik itu berupa produk fashion seperti kaos, tas, dompet, jaket, dan sejumlah perlengkapan gaya hidup
Sedangkan distro merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet yang fungsinya menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company lokal yang memproduksi sendiri produknya yang belum punya pemasaran sendiri ataupun sekedar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, maka tentunya clothing company sangat berhubungan baik dan saling membutuhkan.
Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk untuk setiap desainnya. Beberapa Clothing Company memang membatasi kuantitas produknya dengan hanya satu kali produksi untuk satu desain. Distro juga memiliki suasana akrab sehingga konsumen merasa nyama untuk mampir dan berbelanja.
Walaupun bisnis distro terkesan indie, namun efeknya bisa menggeser merek-merek lokal yang bermodal beser. Keunggulan distro adalah penyediaan produk yang memiliki desain yang sangat eksklusif baik berupa tulisan atau gambar yang memiliki makna lebih yang bisa menarik perhatian orang-orang yang selalu ingin tampil beda.
4


Jika Anda sudah siap melangkahkan kaki di bisnis ini, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal yang mungkin terlihat sederhana namun ini akan membuat bisnis Anda siap bersaing. Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam memulai bisnis distro atau clothing company adalah:
1. Memilih nama dan mendesain logo perusahaan.
Nama tersebut harus menarik perhatian dan kepercayaan dari calon konsumen potensial yang kita sasar, Sebelum memutuskan nama perusahaan, pertimbangkan dulu konsep desain logo. Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe, karakter atau konsep melalui logo atau simbol, Oleh karena pentingnya logo maka tidak heran para pengusaha besar berani mengeluarkan dana yang sangat besar untuk membayar konsultan atau desainer handal. Sebaiknya desain logo atau lambang tidak rumit, cukup dengan kata atau gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat tentunya.
2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bidang bisnis atau konsep bisnis.
3. Mencari pasar yang menjadi target pemasaran.
 Cara manual dalam mencari segmen pasar adalah melalui promosi mulut ke mulut pada teman-teman atau komunitas yang kita punya. Kemudian bisa membuat brosur untuk promosi atau membuat stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau komunitas. Memulai usaha clothing dapat dimulai dengan modal yang tidak begitu besar, yang paling penting memiliki kemampuan, memiliki tekad yang kuat, komunikatif dan memiliki ruang lingkup atau komunitas.
Dengan semakin banyaknya distro bermunculan saat ini, kita di buat bertanya-tanya akan potensi bisnis di bidang usaha ini. Sepintas terlihat usaha ini kelihatan menguntungkan dengan banyaknya pembeli terutama di akhir minggu. Namun satu hal yang tidak disadari adalah banyak persaingan di bisnis ini.
Untuk memenangkan persaingan di bisnis manapun, cara termudah nya adalah melakukan hal yang berbeda dengan pesaing anda. Bila pesaing anda berlomba-lomba menurunkan harga maka anda menaikkan harga anda setinggi mungkin. Bila pesaing anda berlomba-lomba menaikkan harga maka anda menurunkan harga anda serendah mungkin dan mengambil untung dari kuantitas.
Membangun brand image yang kuat juga adalah salah satu cara untuk memenangkan persaingan. Pada dasarnya anda ingin berinovatif untuk membangun brand anda seperti yang dilakukan Black Djarum. Membuat event-event, mengumpulkan costumer yang loyal di satu wadah, memposisikan diri anda sebagai authority di bisnis ini dengan memiliki satu staff ahli yang menulis artikel tentang bisnis distro dan sebagainya.

5


1.Tujuan
Tujuan utama dari usaha ini adalah untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya,dan juga bisa menyalurkan bakatnya dalam dunia fashion yang sedang trend mengikuti perkembangan zaman dan mode yang sedang ada.
2.Latar belakang
Biasanya pemilik distro memiliki latar belakang seni yang tinggi,kreatif dan berjiwa bisnis.Dengan membuka bisnis distro para pemilik distro dapat menuangkan seluruh ide kreatif mereka sekaligus bisa mendapatkan laba.
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dipikirkan jika ingin membuka distro :
1.Modal
Untuk memulai bisnis ini tidak selalu memakan biaya besar. Yang penting nekat dan keinginan kuat untuk memulainya. Paling tidak siapkan modal Rp 10 juta – 15 juta untuk menyewa tempat.
2.Produksi
Hampir seluruh distro mengambil bahan baku dari Bandung atau Ciledug. Khusus Bandung, kebanyakan mengambil di daerah Kopo. Pemilik distro hanya membuat desain dan pola, sementara urusan produksi serahkan saja sepenuhnya pada pabrik konveksi.
3.Promosi
Sebelum usaha berkembang, biasanya promosi hanya dari mulut ke mulut atau lewat spanduk atau leaflet. Jika sudah maju, bisa promosi lewat media massa atau sponsor acara atau artis.
4.Distribusi
Distro juga bisa menyalurkan produk ke kota-kota lainnya hingga mancanegara. Ini yang disebut konsinyasi atau bagi hasil dengan distro-distro merk lain dimana kita menitipkan barang. Untuk penjualan ke mancanegara biasanya dilakukan dengan sistem beli putus. Ongkos kirimnya di bagi dua dengan pembeli.



6



5.Keuntungan
Pendapatan kotor beragam. Keuntungan dibagi dua dengan distro yang menitipkan barangnya lewat konsinyasi tadi.
Kunci keberhasilan bisnis distro terletak pada kreatifitas perancang karena distro bukan sekadar menjual baju dan perlengkapan saja tapi sekaligus mencerminkan perkembangan industri seni fashion.
 

 
7


Bisnis warnet
Sumber : AnneAhira
Sekarang ini banyak orang yang sedang mencari bisnis dibidang warnet,tetapi masalahnya banyak yang kurang mengerti mengenai untung ruginya.Dengan hanya bermodalkan tempat yang sudah ada dan beberapa unit komputer,banyak yang langsung terjun ke bisnis ini tanpa menganalisa terlebih dahulu.Setelah berjalan 1-2 tahun warnet ini akan tutup atau dioperkan kepada orang lain.
Usaha warnet sebetulnya tidak terlalu sulit untuk didirikan dan dikelola. Cukup membeli beberapa buah komputer kemudian menginstalnya dengan software, membuat jaringan agar komputer satu dengan yang lainnya terhubung, dan akhirnya menghubungkan koneksi internet ke jaringan tersebut, maka jadilah warnet.
Cara mengelolanya juga tidak diperlukan orang-orang yang mempunyai skill tinggi yang mahal. Semua orang bisa melakukannya asalkan dia mengerti komputer.
Semakin banyaknya usaha warnet membuat persaingan semakin ketat. Untuk itu, para pengusaha warnet dituntut lebih kreatif dan memberikan pelayanan yang lebih agar pelanggan tetap merasa puas. Dengan begitu tidak perlu untuk menurunkan harga, namun dituntut untuk menambah nilai tersendiri.
Ada 2 faktor utama munculnya bisnis warnet:
1. Mahalnya harga bandwidth
2. Mahalnya harga perangkat akses (PC)
Saat ini kedua faktor tersebut di atas mulai goyah. Dari hasil analisa pasar terlihat menurunnya omzet para pebisnis warnet hingga mencapai 20-30%. Akses Telkom Speedy yang murah adalah salah satu penyebab utama. Telkom speedy, selain memberikan harga yang terjangkau, juga menyebabkan tumbuhnya warnet-warnet seperti jamur dimusim hujan tanpa memperhitungkan pasar yang tersedia sehingga menyebabkan kelebihan suplai dan menyebabkan persaingan tinggi yang berujung kepada persaingan harga.

8


Harga perangkat PC memang masih (terhitung) mahal, namun perlu dicermati adalah: para pelanggan warnet adalah kalangan yang (mulai) mampu membeli perangkat pc/notebook. Fakta-fakta ini lah yang ikut menekan para pelaku bisnis warnet yang kadang masih tidak mau mengakui bahwa bisnis mereka berada pada titik menurun
Sebagian dari warnet-warnet akhirnya mencoba bertahan hidup dengan beralih atau menyediakan konten game baik offline maupun online. Inipun menurut analisa bukanlah sebuah penyelesaian masalah, sebab game komputer baik offline maupun online umumnya menuntut spesifikasi komputer yang lebih tinggi dengan harga jual lebih rendah.
1.Tujuan :
Tujuannya adalah sama sama mencari keuntungan dari sebuah usaha,dan juga sebagai pilihan terbaik untuk menunjang semua kebutuhan seperti, bisnis Anda, pekerjaan Anda dan bahkan hobby Anda.
2.Latar belakang
Berdirinya usaha ini dikarenakan banyaknya kebutuhan tentang pengetikan dan pencarian imformasi dari internet karena didaerah ini kurangnya minat untuk menggunakan komputerisasi disamping itu juga ada kendala lain..Juga didorong oleh keinginan yang ingin mandiri. Sehingga mencoba meningkatkan kreatifitas dengan mendirikan sebuah badan usaha yang mudah- mudahan ini menjadikan ladang amal bagi masyarakat sekitar.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha warnet,antara lain :
1.Lokasi/tempat
Apakah tempat kita membuka warnet adalah tempat yang strategis?perkiraan pengunjung yang datang nantinya kira2 berapa orang per-hari?ini akan menentukan jumlah PC yang harus disediakan nantinya.Semakin banyak pc yang ada tentunya akan semakin menguntungkan kita,dengan catatan harus ada yang datang bermain.


9


2.Spec komputer
Di daerah sekitar kita,apakah sudah ada warnet?bagaimana spec komputernya?ini akan menentukan spec komputer yang akan kita gunakan nantinya.Jika di daerah kita belum ada warnet,kita bisa berhemat dengan menggunakan spec komputer yang lebih rendah.Spec komputer untuk browsing/chatting tidak perlu yang terlau tinggi,lain hal nya bila warnet kita dijadikan game center.
3.Harga jual dan jam operasional
Bermain diwarnet biasanya dihitung dengan biaya per-jam.Tetapi ada juga yang membuat paket,misalnya paket mingguan atau bulanan.Hal ini tergantung dari situasi kondisi dilapangan dan juga permintaan dari pelanggan.Dipasaran biasanya harga bermain warnet sekitar Rp.2500 s/d Rp.5000,/jam.Untuk tempat2 yang elit biasanya Rp.10.000/jam atau bisa lebih.
4.Biaya Listrik
Biaya listrik usaha warnet  per bulan ditentukan oleh kebutuhan listrik dari warnet tersebut. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar, tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik.
5. Biaya koneksi jaringan internet
Berbicara biaya koneksi, maka pilihannya beragam dan bergantung kepada lebar bandwidth, media koneksi, kualitas dan lain sebagainya. Keterangan mengenai hal ini bisa dibaca di warnetpedia. Sebaiknya, tentukan dulu kebutuhan bandwidth  untuk usaha warnet Anda, baru berbicara biaya koneksi. Untuk biaya dapat dilihat dari situs-situs ISP di Indonesia.
6. Tingkat Okupansi.
Tingkat okupansi yang umum adalah 7 – 9 jam. Di bawah 7 jam maka warnet itu terhitung sepi. Sementara di atas 9 jam warnet tersebut terhitung ramai (sekali). Jarang sekali ada warnet yang memiliki tingkat okupansi di atas 9 jam.


10