Minggu, 31 Oktober 2010

pengantar bisnis (usaha rumah makan)

NAMA : MIRANTI PERMATASARI
KELAS : 1EB21
NPM : 24210416




BAB I

PENDAHULUAN


1.Latar Belakang

Di zaman sekarang ini sulitnya mencari pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran, Hal inilah yang menyebabkan seseorang membuat usaha bisnis. Usaha bisnis yang paling di butuhkan oleh masyarakat adalah dalam hal makanan karena makanan merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia.
Menurut dari hasil pengamatan, banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan tempat seperti di pedesaan.Selain restoran biasanya ada juga yang di lengkapi dengan fasilitas pemancingan,outbond,permainan anak dan banyak lagi.
Pemasaran merupakan hal yang sangat mendasar dan penting untuk dipahami oleh setiap orang yang membuka usaha,karena berhasil tidaknya suatu usaha sangat tergantung pada bagaimana cara pengusaha tersebut memasarkan produknya sehingga dapat diterima oleh pelanggan.
Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal yang harus di utamakan adalah kepuasan pelanggan.Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang baik, sehingga jaminan produk menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan yang ada pada saat ini
.
2.Perumusan Masalah

Berdasarkan dari latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka dapat diketahui masalah apa saja yang ada di dalam materi ini yaitu  sebagai berikut:
A. Apa latar belakang anda membuat usaha bisnis ini ?
B. Bagamana cara anda agar usaha bisnis ini dapat berkembang?



BAB II
LANDASAN TEORI


Kepuasan pelanggan adalah sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli. Bila kinerja produk lebih rendah daripada harapan pelanggan, pembelinya tidak puas dan lama-kelamaan pelanggan akan kabur dan usaha rumah makan kita akan sepi peminat. Bila prestasi sesuai atau melebihi harapan, pembelinya merasa amat puas atau gembira dan akan jauh lebih menguntungkan untuk pengusaha rumah makan tersebut. Jasa atau pelayanan merupakan suatu kenerja penampilan, tidak berwujud dan cepat hilang,pelanggan lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut. Dalam strategi pemasaran,definisi jasa harus diamati dengan baik, karena pengertiannya sangat berbeda dengan produk berupa barang. Kondisi dan cepat lambatnya pertumbuhan jasa akan sangat bergantung pada penilaian pelanggan terhadap kinerja atau penampilan yang ditawarkan oleh pemilik usaha rumah makan.












BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


Metode yang dilalui dalam penyusunan penulisan ini antara lain dengan mencari sumber dari internet,koran,majalah,atau bertanya langsung kepada seseorang yang membuka usaha bisnis rumah makan.Masih banyak lagi metode yang dapat digunakan dalam mencari suatu informasi seperti terjun langsung ke lapangan atau yang lainnya.





BAB IV

PEMBAHASAN


Bisnis rumah makan memang gak pernah mati,bisnis ini memang semakin tumbuh subur seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan gaya hidup yang ingin serba cepat tersaji.Dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan.
Persiapan pertama untuk memulai bisnis apa saja, termasuk rumah makan adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan ketakutan dan keraguan akan kegagalan,untuk membuka  usaha rumah makan minimal kita harus mengerti masakan.Namun,untuk menjadi pengusaha restoran tidak harus menjadi ahli memasak dulu,tetapi yang paling penting adalah mampu mengelola usaha itu.
Persiapan dalam memulai bisnis rumah makan adalah tersedianya prasarana dan sarana. Dalam usaha rumah makan/restoran,yang termasuk prasarana adalah tempat yang strategis, tenaga ahli, modal usaha, dan izin usaha, sedangkan meja kursi, peralatan makan, peralatan masak, dan sebagainya adalah sarana.
Bisnis makanan termasuk bisnis yang beresiko besar.Karena bisnis makanan beda dengan bisnis-bisnis lain.Dalam bisnis makanan memang kita tidak dituntut untuk bisa membuat makanan yang akan dijual.Karena banyak yang sukses berbisnis makanan dari mengambil makanan ditempat lain, lalu menjualnya lagi. Untuk bisnis makanan, jika bingung memilih makanan apa yang akan dijual,kita bisa memulainya dari makanan kesukaan.Usaha rumah makan juga sangat sensitif terhadap rasa,sebaiknya kita menjual makan-makanan yang terbaik dan bermutu tinggi,agar pelanggan puas dan kita pun senang.Sebaiknya kita juga mengurus izin usahanya.Bisa izin usaha dari RT/RW atau keamanan setempat. 

Kelebihan Usaha Rumah Makan

Ada banyak kelebihan yang dimiliki dari usaha membuka rumah makan.Salah satu kelebihan dari usaha rumah makan adalah kebutuhan modal yang tidak terlalu besar. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan masak, meja dan kursi tempat pengunjung makan.
Bahan baku yang dibutuhkan dalam usaha rumah makan juga tidak terlalu mahal.Semua dapat Anda peroleh dengan mudah di pasar tradisional.
Selain modal yang kecil, usaha rumah makan memiliki waktu yang fleksibel.Memang semua tergantung menu yang ditawarkan di  rumah makan yang anda miliki.
Anda bisa fokus kepada pengunjung untuk makan pagi, makan siang atau makan malam saja. Tapi jika Anda memang ingin meraup penghasilan lebih, Anda bisa membuka usaha rumah makan ini dari pagi sampai malam,keuntungan yang dapat diraih dari usaha rumah makan juga sangat besar.Rata-rata keuntungan yang dapat diraih oleh rumah makan berkisar antara 30-50% dari omset penjualan. Hal ini dapat terwujud karena usaha rumah makan merupakan usaha jasa pengolahan makanan dan penyajiannya. Otomatis keuntungan yang diraih bisa sangat besar.

Tips membuka usaha rumah makan:

1. Modal awal
Modal awal membuka usaha rumah makan dapat dari modal sendiri,meminjam di koperasi,mencari rekanan yang bisa diajak kerjasama atau Bank.

 2.Menentukan lokasi usaha
 Pilihlah lokasi yang strategis seperti diperkantoran,sekolah,kampus,pasar,mal,perumahan atau tempat wisata.

3.Sediakan menu andalan
Sebelum memulai usaha,sebaiknya survey dulu tentang menu yang beredar di pasar,lalu pilihlah menu yang belum banyak dijual ditempat kita akan membuka usaha rumah makan.

4.Pemilihan Karyawan
Dalam memilih karyawan harus benar-benar seseorang yang ahli dalam hal memasak karena kalau yang tidak ahli nanti makanan kita akan kurang enak sehingga hal ini dapat menyebabkan bisnis kita rugi karena banyaknya pengunjung yang tidak suka dan akhirnya bisnis kita ini dapat manjadi gulung tikar.

5.Promosi
Promosi dari mulut ke mulut masih menjadi pilihan utama dalam usaha makanan. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan merekomendasikan.Selain itu promosi dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur ke masyarakat disekitar tempat jualan kita.Bila perlu dengan adanya promosi harga yang lebih murah dari harga normalnya untuk menarik perhatian masyarakat

6.Mengenai pemilihan nama
Sebaiknya bukan hanya mudah dikenal, tetapi juga akrab dan sesuai. Nama juga jangan terlalu panjang dan harus mudah diingat. Harap diperhatikan juga untuk tidak menganggap remeh persamaan nama dengan rumah makan lain. Sebab bisa menimbulkan persengketaan. Perhatikannlah merek-merek yang sudah ada, lalu bikin yang berbeda.





  BAB V
KESIMPULAN

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan maka dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut :
Dengan adanya penelitian seperti ini kita dapat mengerti alasan seseorang mendirikan usaha bisnis rumah makan ini dari awal sebelum membuka usaha rumah makan.Dalam usaha bisnis rumah makan ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan oleh masyarakat karena untuk membuat usaha rumah makan ini biayanya relative standar untuk masyarakat dan dari kalangan kelas apapun dapat membuatnya selama masih ada usaha niat dan tekad untuk membuka usaha tersebut.Banyak cara yang dapat membuat usaha bisnis ini berkembang, yaitu dari segi tempat, mutu, harga, serta kualitas dari produk yang kita pakai,juga pelayanan dari para karyawan yang kita pekerjakan ditempat kita membuka usaha rumah makan.Kesuksesan dalam usaha rumah makan kembali pada diri Anda sendiri.Dengan penanganan yang tepat dan ciri khas tersendiri,Anda akan meraih kesuksesan di dalam usaha ini.






DAFTAR PUSTAKA

Linda,Eunike.2000.Bogor

Priyono, Sigit.2009.Jakarta

Setiawan, Den.2009.Jakarta

Tha, Wiet.2009.Jakarta


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar